Monday, December 5, 2016

Citarasa yang Begitu Menggoda

Citarasa yang Begitu Menggoda
Oleh Budianto Sutrisno

            Kue bika sudah banyak yang tahu dan kenal rasanya. Bika ambon dari Medan, misalnya, sudah lama dikenal banyak orang. Akan tetapi, kue bika dari Bogor yang khas, mungkin Anda belum mengenal dan mencicipinya.
         Tak seperti bika ambon pada umumnya, bika bogor ini terbuat dari tepung talas dan ubi, sehingga namanya sering disebut sebagai bika bogor talubi (talas ubi). Perlu Anda ketahui, Bogor yang sering diguyur hujan itu merupakan wilayah penghasil talas dan ubi berkualitas yang melimpah ruah. Hal ini menjamin ketersediaan camilan kesayangan Anda di setiap saat. 
            Jadi, kini penggemar kuliner yang tinggal di luar Sumatra, tak perlu jauh-jauh ke Medan untuk merasakan kelezatan kue bika, karena Bogor pun menyajikan kue bika yang tak kalah lezatnya.

Paduan resep ”TAR
          Jika Anda bepergian ke Bogor, Anda dapat singgah ke sebuah toko yang terletak di Jalan Pajajaran. Di sini Anda bisa memilih sendiri kue-kue segar yang masih hangat. Tentu saja, jangan lupa bika bogor talubi dengan aneka pilihan rasa. Oh ya, libur Natal dan Tahun Baru sudah di ambang pintu. Bika bogor talubi cocok sekali untuk oleh-oleh khas Bogor bagi kerabat dan famili Anda.
Rasa dan tampilannya begitu menggoda.
          Penulis tinggal di Jakarta dan tak sempat pergi ke Bogor, maka penulis mencoba memesan bika bogor talubi lewat pesan WA. Keesokan harinya, pesanan sudah tiba.
         Begitu boks kue dibuka, penulis langsung mendegut ludah. Aroma harum menerpa hidung. Ternyata bika bogor talubi mini tampil cantik dalam balutan warna kuning, hijau, dan ungu. Tak pelak, sang peracik camilan ini piawai menggunakan resep ”TAR” dalam penyajiannya. Apa itu ”TAR”?
      Resep ”TAR”mengombinasikan ”Tampilan”, ”Aroma”, dan ”Rasa” dalam paduan yang serasi. Tampilannya sangat memikat, mengajak kosumen untuk langsung mencicipinya. Bika bogor talubi tampil bak putri cantik dengan dandanan menawan. Aromanya begitu harum dan sedap. Dan yang terpenting, citasanya begitu menggoda selera.
            Tak tahan lagi dengan godaannya, segera sepotong bika bogor mini melayang ke mulut.  Hm… teksturnya begitu lembut, terasa sampai gigitan terakhir. Aroma harumnya menambah selera. Segera disusul dengan gigitan kedua, ketiga, dan entah sampai hitungan ke berapa, penulis baru berhenti mengunyah. Lidah pun menyapu sisa-sisa kelezatan yang masih menempel di bibir. Sungguh merupakan pengalaman berkuliner-ria yang mengesankan.
            Camilan bika bogor talubi mini bisa diperoleh dalam tiga varian rasa yang tampil dalam tiga warna berbeda. Warna kuning menyajikan rasa nangka, hijau menampilkan rasa cocopandan, dan ungu menyuguhkan rasa talas.
Ukuran besar dengan rasa ubi madu.
           
         Warna ungu pada bika bogor talubi bukan berasal dari pewarna buatan, melainkan dari saripati talas. Semuanya diolah dari bahan-bahan alami dan tanpa pengawet. Camilan ini bisa bertahan selama 4 hari dalam suhu ruang.

Cocok untuk berbagai acara
            Sementara itu, kue bika bogor talubi berukuran besar, tersaji dalam bentuk lempengan empat persegi, tinggal dipotong sesuai dengan ketebalan yang dikehendaki. Penulis memilih rasa ubi madu. Nyam… sedapnya membuat diri lupa sesaat untuk berbagi.  Apalagi kalau ditemani dengan minum teh atau kopi hangat. Sedap-manis-harumnya merupakan sensasi rasa yang tak mungkin terlupakan.
Cocok disajikan sewaktu rapat, arisan, dan camilan di sore hari sambil
menyeruput kopi atau teh hangat.
          Untuk oleh-oleh khas Bogor, camilan sehari-hari, sajian para tamu, atau acara arisan, bika bogor talubi memang merupakan pilihan yang paling tepat. Sedap pula dikudap di kala rihat bersama anggota keluarga atau kerabat dekat. Sebuah kelezatan yang mampu mengeratkan relasi persahabatan Anda. Nyam… nyam… citarasa bika bogor talubi dengan resep ”TAR” memang cetar membahana.
      Pemesanan dapat segera dilakukan lewat WA: 0888-4829-626, Line: @bikabogor,  BB: TALUBI, bukalapak.com, atau datang langsung ke gerai bika bogor talubi:
Jln. Padjajaran 20 M, Bogor
Jln. Soleh Iskandar No. 18 B, Bogor
Jln. Raya Gadog sebelah Vimala Hills (Puncak-Bogor)




#bikabogor #bikabogortalubi #oleholehkhasbogor 



***


1 comment: