Monday, December 21, 2015

Ku Tak Tahu Bila, tapi Kau Tahu Bagaimana

Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2015 ini, 
saya persembahkan sebuah puisi bertajuk "Ku Tak Tahu Bila, tapi Kau Tahu Bagaimana" 
yang saya tulis kurang-lebih dua tahun yang lalu.
Puisi ini saya dedikasikan kepada setiap ibu yang telah rela berkorban bagi anak dan keluarganya.
Mulai dari mengandung, melahirkan, membesarkan, mengasuh, mendidik, memberikan suri teladan sampai anak-anak tumbuh dewasa dan mewarisi sifat serta karakter yang membanggakan.
 Sebuah ketulusan dan pengorbanan yang patut diapresiasi karena tak ternilai harganya.
Tanpa ibu yang baik, tiada bangsa yang berkarakter baik


Ku Tak Tahu Bila, tapi Kau Tahu Bagaimana 
 Karya Budianto Sutrisno

 

Ku tak tahu bila mulutku mulai bisa memanggil ibu
tapi kau tahu bagaimana menyatakan cinta kasihmu
sejak aku masih dalam gelap rahimmu

Ku tak tahu bila perutku mula pertama merasa lapar
tapi kau tahu bagaimana mengalirkan air susumu
sebagai wujud curahan cinta kasihmu

Ku tak tahu bila ku mulai merengek dan menangis
tapi kau tahu bagaimana dengan lembut menyeka air mataku
serta membisikkan kata-kata yang membangun payung keteduhan

Ku tak tahu bila mula-mula ku menggoreskan gambar dan tulisan
tapi kau tahu bagaimana membentangkan jurai kesabaran untuk mendidikku
sambil menaburkan benih karakter lewat suri teladan

Ku tak tahu bila pertama kali ku mengenal tanah air Indonesia
tapi kau tahu bagaimana membeberkan peta tanah tumpah darah tercinta
sehingga aku mengenal keberagaman dalam berbangsa

Ku tak tahu bila aku mulai mengenal Sang Maha Pencipta
tapi kau tahu bagaimana mengajakku bertelut dan berdoa
sehingga aku boleh menjadi insan yang gentar dan hormat kepada Tuhan

Ibu, kini ku tahu betapa besar jasamu kepadaku
tapi ku tak tahu bagaimana membalas kebaikanmu
baktiku kepadamu tak pernah sepadan dengan pengorbananmu

Ku hanya bisa mengucap syukur kepada Sang Maha Pemberi
yang telah menganugerahkan ibu tercinta kepadaku
ku hanya mampu haturkan terima kasih kepadamu, Ibu


***
Selamat Hari Ibu!

 



No comments:

Post a Comment