Tuesday, November 28, 2017

Wajahmu di Purnama Sabana

Puisi berikut telah dipilih oleh Penerbit Oase Pustaka sebagai salah satu puisi yang
dicantumkan dalam buku Antologi Puisi Bersama terbaik untuk tahun ini.
Selamat menikmati.
Soli Deo Gloria!

Wajahmu di Purnama Sabana

Oleh Budianto Sutrisno


   Dekap malam di ranah sumba yang kudamba, kusambut mesra
             kumulai melanglang di bentang padang sabana
             kesiur dingin angin dan simfoni kersik batang ilalang
             menjalin paduan harmoni dengan sendu gita serangga
             mengiringi langkah-langkah gagah kuda sumba yang kutunggangi
             kuhela tali kekang sehingga derap kaki kuda semakin kencang
             membelah kesenyapan dunia tanpa bahasa ucap maupun isyarat
             tahukah kau yang kini berada entah di pelukan siapa
             ku tengah pahami makna bebas lepas dalam bahasa alam semesta?

   Ku tak tahu apakah aku seperti kesatria madangkara atau koboi di gurun arizona
             aku tak peduli aku mirip siapa
             kar’na aku ingin jadi diriku sendiri, sepenuhnya dan seutuhnya
             aku dan bayang-bayang berkejaran menuju bola emas di cakrawala
             di tengah ringkik kuda, kupandang lekat wajah purnama
             kutatap nanar wajahmu di raut muka rembulan
             pipimu menakikkan senyum  manis padaku, aku pun mencoba membalasnya
             meski ada sulur-sulur kepahitan yang bergelayut di dada
             kar’na kau tercerabut begitu saja dari sisiku tanpa pesan
             setiap hati memang punya pilihan
             dan kaulah pilihanku, tapi hatimu berpaling kepada yang lain
             benar, memang cinta tak kuasa memaksa, seberapa kuat pun lengannya
             tapi setidaknya, beri aku kesempatan ’tuk dengar jawabmu
             sekalipun itu belati yang menikam hati
             jika gerumbul rerumput teki dan berjuta bintang bisa ikut haru dan iba
             masihkah kau sisakan rasa untukku?
             tetes-tetes air mataku pun bergulir di pangkuan malam bisu


***


No comments:

Post a Comment